Hukum dan Budaya di Amerika Tidak Dapat Dipisahkan

Lawrence Friedman, seorang profesor hukum Amerika dan ahli sejarah hukum Amerika, pernah berkata, “Hukum adalah kehadiran vital yang sangat besar di Amerika Serikat. Terlalu penting untuk diserahkan kepada pengacara”. Pernyataan ini menganjurkan keterlibatan masyarakat dalam masalah hukum dan secara halus merangkum alasan gerakan Hukum dan Masyarakat. Gerakan ini, mewakili hubungan yang tak tertandingi antara hukum dan budaya, dimulai setelah Perang Dunia Kedua oleh beberapa sosiolog yang tertarik pada studi hukum.

Perpaduan Hukum dan Budaya

Hukum tidak dapat dibuat eksklusif dari budaya tempatnya beroperasi. Hal ini karena hukum suatu negara sebagian besar ditentukan oleh norma dan moral sosial budaya. Inilah alasan mengapa praktik hukum berbeda-beda di setiap negara. Hubungan ini semakin diperkuat ketika hukum menjadi saling terkait dengan semua aspek kehidupan, mulai dari agama hingga pendidikan, kedokteran, hortikultura, dan bidang lainnya.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang merasa terpesona dengan pengacara, hakim, kasus hukum yang rumit, dan peradilan? Mengapa penulis merasa terdorong untuk menulis novel tentang hukum? Mengapa orang terpesona saat membaca tentang tuntutan hukum dan masalah hukum? Bagaimana aktor teater mengubah diri mereka menjadi pengacara yang halus dan cerdas? Sebab, hukum memiliki cengkeraman yang kuat atas masyarakat kita dan hampir tidak mungkin untuk memisahkan hukum dan budaya.

Hukum dan Budaya dalam Konteks Amerika

Sosiolog Amerika percaya bahwa hukum itu sendiri merupakan bentuk budaya yang dirumuskan, didirikan, dan dibentuk oleh masyarakat tempatnya beroperasi. Demikian pula, budaya masyarakat dibentuk dan dimodifikasi oleh kekuatan hukum disipliner.

Apalagi, konsep hukum yang populer kini telah memasuki ranah seni dan media kreatif. Berbagai plot dan narasi seputar tindakan hukum yang menggugah minat penonton yang pada dasarnya selalu penasaran dengan dunia hukum. Manifestasi yang dibuat-buat ini telah mengubah cara hukum beroperasi. Saat ini, hukum dan budaya, sebagaimana sosial budaya Indonesia misalnya  berbaur bersama untuk menentukan standar yang harus diikuti oleh penghuni masyarakat tertentu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *